Pusat Bantuan

Syarat Layanan

SYARAT LAYANAN

 

 

  1. PENDAHULUAN

 

1.1   Selamat datang di platform EBES (“Situs”). Silakan baca Syarat Layanan berikut dengan cermat sebelum menggunakan Situs ini atau membuka akun EBES (“Akun”) agar anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum anda sehubungan dengan PT EBES International Indonesia dan afiliasinya dan anak perusahaannya (masing-masing dan bersama-sama, “EBES” atau “kami”). “Layanan” yang kami berikan atau sediakan termasuk (a) Situs, (b) layanan yang disediakan oleh Situs dan oleh perangkat lunak klien EBES yang tersedia melalui Situs, dan (c) semua informasi, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video (termasuk siaran langsung (live stream)), pesan, tag, konten, pemrograman, perangkat lunak, layanan aplikasi (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap layanan aplikasi mobile) atau materi lainnya yang tersedia melalui Situs atau layanan terkait (“Konten”). Setiap fitur baru yang ditambahkan atau memperbesar Layanan juga tunduk pada Syarat Layanan ini. Syarat Layanan ini mengatur penggunaan Layanan yang disediakan oleh EBES.

 

1.2    Layanan termasuk layanan platform online yang menyediakan tempat dan peluang untuk penjualan barang antara pembeli (“Pembeli”) dan penjual (“Penjual”) (secara bersama-sama disebut “anda”, “Pengguna” atau “Para Pihak”). Kontrak penjualan yang sebenarnya adalah secara langsung antara Pembeli dan Penjual dan EBES bukan merupakan pihak di dalamnya atau setiap kontrak lainnya antara Pembeli dan Penjual serta tidak bertanggung jawab sehubungan dengan kontrak tersebut. Para Pihak dalam transaksi tersebut akan sepenuhnya bertanggung jawab untuk kontrak penjualan antara mereka, daftar barang, garansi pembelian dan sebagainya. EBES tidak terlibat dalam transaksi antara Pengguna. EBES dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Pengguna atau Konten atau informasi yang diberikan oleh Pengguna. EBES berhak untuk menghapus setiap Konten atau informasi yang diposting oleh anda di Situs sesuai dengan Bagian 6.4 di sini. EBES tidak dapat memastikan bahwa Pengguna akan benar-benar menyelesaikan transaksi.

 

1.3    Sebelum menjadi Pengguna Situs, anda harus membaca dan menerima semua syarat dan ketentuan dalam, dan yang berkaitan dengan, Syarat Layanan ini dan anda harus memberikan persetujuan atas pemrosesan data pribadi anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi yang terkait dengan Syarat Layanan ini.      

 

1.4    EBES berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Situs ini atau Layanan setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. EBES dapat meluncurkan Layanan tertentu atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. EBES juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses anda ke bagian atau seluruh Situs atau Layanan atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban.

 

1.5    EBES berhak untuk menolak memberikan akses ke Situs atau Layanan kepada anda atau mengizinkan anda untuk membuka Akun dengan alasan apapun.

 

DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN EBES ATAU MEMBUKA AKUN, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ATAU TERKAIT DI SINI, KEBIJAKAN PRIVASI EBES, DAN SETIAP INFORMASI YANG TERSEDIA DI PLATFORM TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, BAGIAN HELP CENTRE DAN FREQUENTLY ASKED QUESTIONS DARI PLATFORM.

 

APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES SITUS. APABILA ANDA DI BAWAH USIA 17 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI ORANG TUA ATAU WALI UNTUK MEMBUKA AKUN DAN ORANG TUA ATAU WALI TERSEBUT HARUS MENYETUJUI KETENTUAN PERJANJIAN INI. APABILA ANDA TIDAK MEMAHAMI BAGIAN INI, MOHON JANGAN MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI ANDA. APABILA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI ANAK DI BAWAH UMUR YANG MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENERIMA KETENTUAN PERJANJIAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN AKUN TERSEBUT, BAIK APAKAH AKUN TERSEBUT SUDAH DIBUKA SAAT INI ATAU DIBUAT DI MASA MENDATANG.

 

 

 

  1. PRIVASI

 

2.1    Privasi anda sangatlah penting bagi kami di EBES. Untuk melindungi hak-hak anda dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi EBES untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Silakan baca Kebijakan Privasi untuk memahami bagaimana EBES mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan Akun anda dan/atau penggunaan Layanan oleh anda (“Informasi Pengguna”). Dengan menggunakan Layanan atau memberikan informasi di Situs, anda:

 

(a)       menyetujui tindakan EBES untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah Konten, data pribadi dan Informasi Pengguna anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi;

 

(b)      menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas Informasi Pengguna dimiliki secara bersama oleh anda dan EBES; dan

 

(c)      tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan Informasi Pengguna anda kepada setiap pihak ketiga, atau sebaliknya memperbolehkan setiap pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan Informasi Pengguna anda, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari EBES.

 

2.2    Pengguna yang memiliki data pribadi Pengguna lainnya melalui penggunaan Layanan (“Pihak Penerima”) dengan ini setuju bahwa, mereka akan (i) mematuhi semua undang-undang perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data tersebut; (ii) mengizinkan Pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima (“Pihak yang Mengungkapkan”) untuk menghapus datanya yang telah dikumpulkan dari database Pihak Penerima; dan (iii) mengizinkan Pihak yang Mengungkapkan untuk meninjau informasi apa saja yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Pihak Penerima, dalam setiap kasus (ii) dan (iii) di atas, dilakukan sesuai dengan dan bilamana diwajibkan oleh hukum yang berlaku.

 

  1. IZIN TERBATAS

 

3.1    EBES memberikan izin terbatas yang dapat dicabut kembali kepada anda untuk mengakses Layanan dengan tunduk pada syarat dan ketentuan Syarat Layanan ini. Semua Konten eksklusif, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya (“Kekayaan Intelektual”) yang ditampilkan di Situs merupakan milik EBES dan bila berlaku, pemilik pihak ketiga yang diidentifikasi dalam Situs. Tidak ada hak atau izin yang diberikan secara langsung atau tidak langsung kepada pihak mana pun yang mengakses Situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual, dan tidak ada pihak yang mengakses Situs yang dapat mengklaim hak, kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Dengan menggunakan atau mengakses Layanan anda setuju untuk mematuhi hak cipta, merek dagang, merek layanan, dan semua undang-undang yang berlaku lainnya yang melindungi Layanan, Situs dan Kontennya. Anda setuju untuk tidak menyalin, mendistribusikan, mempublikasikan ulang, mengirimkan, menampilkan secara terbuka, melakukan secara terbuka, mengubah, menyesuaikan, menyewa, menjual, atau membuat karya turunan dari bagian apapun dari Layanan, Situs atau Kontennya. Anda juga tidak boleh, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami, me-mirror atau membingkai bagian apapun atau seluruh konten Situs ini di server lain mana pun atau sebagai bagian dari situs web lain apapun. Selain itu, anda setuju bahwa anda tidak akan menggunakan robot, spider atau perangkat otomatis maupun proses manual lain apapun untuk memantau atau menyalin Konten kami, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami (persetujuan tersebut dianggap diberikan untuk teknologi mesin pencari standar yang digunakan oleh situs web pencari Internet guna mengarahkan pengguna Internet ke situs web ini).

 

3.2    Anda setuju bahwa EBES dapat untuk alasan apapun atas kebijakannya sendiri dan dengan atau tanpa pemberitahuan atau kewajiban kepada anda atau pihak ketiga mana pun, menambah, mengganti, dan/atau memodifikasi, model metode, algoritma atau proses otomatis lainnya yang tersedia saat menyediakan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada layanan yang terkait dengan Iklan EBES atau layanan lain yang disediakan oleh EBES.

 

3.3    Anda boleh membuat tautan ke Situs dari situs web anda, asalkan situs web anda tidak menyiratkan adanya dukungan oleh atau asosiasi dengan EBES. Anda mengakui bahwa atas kebijakannya sendiri dan setiap saat EBES dapat berhenti menyediakan Layanan, baik sebagian atau secara keseluruhan, tanpa pemberitahuan.

 

 

  1. PERANGKAT LUNAK

 

Setiap perangkat lunak yang disediakan oleh kami kepada anda sebagai bagian dari Layanan tunduk pada ketentuan Syarat Layanan ini. EBES mencadangkan semua hak atas perangkat lunak yang tidak secara tegas diberikan oleh EBES dalam Syarat Layanan ini. Setiap skrip atau kode pihak ketiga yang tertaut atau dirujuk dari Layanan dilisensikan kepada anda oleh pihak ketiga yang memiliki skrip atau kode tersebut, bukan oleh EBES.

 

 

  1. AKUN DAN KEAMANAN

 

5.1    Beberapa fungsi Layanan kami membutuhkan pendaftaran Akun dengan memilih identifikasi pengguna (“ID Pengguna”) dan kata sandi unik, serta memberikan informasi pribadi tertentu. Apabila anda memilih ID Pengguna yang dianggap tidak sopan atau tidak pantas oleh EBES atas kebijakannya sendiri, EBES berhak untuk menangguhkan atau mengakhiri Akun anda. Anda dapat menggunakan nama asli Anda sebagai ID Pengguna.

 

5.2   Apabila Anda melakukan pendaftaran Akun dengan menggunakan platform pihak ketiga (contoh: Gmail, Facebook, Apple, LINE, atau platform pihak ketiga lain yang tersedia dari waktu ke waktu), maka Anda setujua bahwa:

 

(i) EBES akan secara otomatis memilihkan ID Pengguna untuk Anda dengan menggunakan nama pertama dan nama terakhir dari Pengguna yang terdaftar di platform pihak ketiga tersebut;

(ii) Apabila ID Pengguna yang dipilihkan oleh EBES telah digunakan oleh Pengguna lain, maka EBES akan menambahkan tiga angka acak di belakang nama terakhir Anda untuk ID Pengguna Anda;

(iii) Apabila ID Pengguna yang dipilihkan oleh EBES sebagaimana disebutkan pada ayat (i) dan (ii) masuk ke dalam kategori ID Pengguna yang telah dipesan, maka EBES akan memilihkan formulasi acak untuk ID Pengguna Anda;

(iv) ID Pengguna yang telah dipilihkan oleh EBES dapat diubah satu kali setelah pendaftaran Akun selesai. 

 

5.3   Anda mungkin dapat menggunakan Akun anda untuk memperoleh akses ke produk, situs web atau layanan lain yang kami aktifkan aksesnya atau yang memiliki ikatan atau bekerja sama dengan kami. EBES belum meninjau       dan tidak bertanggung jawab atas konten, fungsionalitas, keamanan, layanan, kebijakan privasi, atau praktik lain pihak ketiga atas produk, situs web atau layanan tersebut. Apabila anda melakukannya, syarat layanan untuk       produk, situs web atau layanan tersebut, termasuk kebijakan privasi mereka masing-masing, jika berbeda dari Syarat Layanan ini dan/atau Kebijakan Privasi kami, juga dapat berlaku atas penggunaan produk, situs web atau       layanan tersebut oleh anda.

 

5.4    Anda setuju untuk (a) menjaga kerahasiaan kata sandi anda dan hanya menggunakan ID Pengguna dan kata sandi anda saat login, (b) memastikan bahwa anda keluar dari akun anda pada akhir setiap sesi di Situs, (c) segera memberi tahu EBES tentang penggunaan tanpa izin atas Akun, ID Pengguna dan/atau kata sandi anda, dan (d) memastikan bahwa informasi Akun anda akurat dan terkini. Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk semua kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan ID Pengguna dan Akun anda bahkan bila kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh anda. EBES tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang timbul dari penggunaan tanpa izin atas kata sandi anda atau kegagalan anda untuk mematuhi Bagian ini.

 

5.5    Anda setuju bahwa untuk alasan apapun atas kebijakannya sendiri dan dengan atau tanpa pemberitahuan atau kewajiban kepada anda atau pihak ketiga mana pun, EBES dapat mengakhiri Akun dan ID Pengguna anda serta menghapus atau membuang setiap Konten yang berkaitan dengan Akun dan ID Pengguna anda dari Situs, menarik subsidi yang ditawarkan kepada anda, membatalkan transaksi yang berhubungan dengan Akun dan ID Pengguna, sementara atau di dalam kasus yang lebih serius secara permanen menahan hasil penjualan atau pengembalian, dan/atau mengambil tindakan lain yang dianggap perlu oleh EBES. Dasar untuk pengakhiran tersebut dapat termasuk, tetapi tidak terbatas pada, keadaan yang sebenarnya atau yang diduga: (a) atas permintaan anda, (b) ketidakaktifan Akun atau ID Pengguna untuk beberapa lama (c) pelanggaran terhadap ketentuan atau semangat Syarat Layanan ini, (d) perilaku yang ilegal, menipu, melecehkan, memfitnah, mengancam atau kasar (e) memiliki beberapa akun pengguna untuk alasan yang tidak sah, (f) pembelian produk pada Situs untuk tujuan penjualan kembali secara komersil (g) pembelian yang berlebihan atau abnormal atas suatu produk dari Penjual atau grup Penjual yang sama, (h) penyalahgunaan voucher (termasuk, namun tidak terbatas pada, penjualan voucher kepada pihak ketiga, penjualan voucher atau kredit lainnya dengan menaikan harga yang cukup signifikan dari harga dasar, dan/atau penggunaan voucher yang berlebihan dan abnormal pada Situs (i) perilaku yang merugikan Pengguna lain, pihak ketiga, atau kepentingan bisnis EBES atau (j) sebagaimana diinstruksikan oleh institusi pemerintah yang berwenang atau aparat penegak hukum terkait. Penggunaan Akun untuk tujuan yang ilegal, menipu, melecehkan, memfitnah, mengancam atau kasar dapat dirujuk ke pihak penegak hukum tanpa pemberitahuan kepada anda. Apabila permasalahan hukum timbul atau tindakan penegakan hukum dilakukan dalam kaitan dengan Akun anda atau penggunaan Layanan oleh anda untuk alasan apapun, EBES dapat mengakhiri Akun anda dengan segera dengan atau tanpa pemberitahuan.

 

5.6    Pengguna dapat menghapus Akun mereka jika mereka memberi tahu EBES secara tertulis (termasuk melalui email di help@support.eBES.co.id) tentang niatan mereka tersebut. Terlepas dari adanya penghapusan tersebut, Pengguna tetap bertanggung jawab dan berkewajiban untuk setiap transaksi yang belum selesai (baik apakah dimulai sebelum atau setelah penghapusan tersebut), pengiriman produk, pembayaran untuk produk, atau hal semacam itu, dan Pengguna harus menghubungi EBES setelah ia telah melakukan dan menyelesaikan semua transaksi yang belum selesai dengan segera dan efektif sesuai dengan Syarat Layanan. EBES tidak akan memiliki kewajiban, dan tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian yang terjadi akibat tindakan yang diambil sesuai dengan bagian ini. Pengguna melepaskan setiap dan semua klaim berdasarkan tindakan semacam itu yang diambil oleh EBES.

 

5.7    Anda hanya boleh menggunakan Layanan dan/atau membuka Akun jika anda berlokasi di salah satu negara yang kami setujui, sebagaimana diperbarui dari waktu ke waktu.

 

  1. PERSYARATAN PENGGUNAAN

 

6.1    Izin untuk menggunakan Situs dan Layanan ini berlaku sampai diakhiri. Izin ini akan berakhir sebagaimana diatur dalam Syarat Layanan ini atau jika anda gagal mematuhi persyaratan atau ketentuan apapun dari Syarat Layanan ini. Dalam hal demikian, EBES dapat melakukan pengakhiran tersebut dengan atau tanpa memberikan pemberitahuan kepada anda.

 

6.2    Anda setuju untuk tidak:

 

(a)       mengunggah, memasang (posting), mengirimkan atau menyediakan Konten yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, mengkhawatirkan, meresahkan, berliku-liku, memfitnah, vulgar, cabul, mencemarkan, invasif terhadap privasi pihak lain, penuh kebencian, atau mengandung unsur SARA atau lainnya;

 

(b)       melanggar undang-undang, termasuk dengan tidak terbatas pada undang-undang dan peraturan sehubungan dengan batasan ekspor dan impor, hak pihak ketiga atau kebijakan Barang yang Dilarang dan Dibatasi kami;

 

(c)       mengunggah, memasang (posting), mengirimkan atau sebaliknya menyediakan Konten yang menampilkan anak di bawah umur tanpa pengawasan atau menggunakan Layanan untuk merugikan anak di bawah umur dengan cara apapun;

 

(d)       menggunakan Layanan atau mengunggah Konten untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau kalau tidak memalsukan afiliasi anda dengan seseorang atau suatu entitas;

 

(e)       memalsukan kop atau kalau tidak memanipulasi pengidentifikasi guna menyamarkan asal Konten apapun yang dikirimkan melalui Layanan;

 

(f)        menghapus pemberitahuan mengenai hak kepemilikan dari Situs;

 

(g)       menyebabkan, mengizinkan atau memberikan wewenang untuk modifikasi, pembuatan karya turunan, atau penerjemahan Layanan tanpa izin yang jelas dari EBES;

 

(h)       menggunakan Layanan untuk manfaat pihak ketiga atau dengan cara yang tidak diizinkan oleh izin yang diberikan di sini;

 

(i)        menggunakan Layanan atau mengunggah Konten dengan cara yang menipu, membohongi, memalsukan, menyesatkan, atau memperdayakan ;

 

(j)        membuka dan/atau mengoperasikan beberapa akun pengguna sehubungan dengan tindakan yang secara jelas melanggar Syarat Layanan ini atau maksud dari Syarat Layanan ini;

 

(k)     mengakses Situs, membuka akun pengguna, atau sebaliknya mengakses akun pengguna dengan menggunakan segala perangkat keras dan perangkat lunak tidak resmi dari EBES, termasuk namun tidak terbatas pada, emulator, simulator, bot, atau perangkat keras maupun perangkat lunak sejenisnya;

 

(l)        memanipulasi harga barang apapun atau mengganggu daftar Pengguna lain;

 

(m)     melakukan tindakan yang dapat merusak sistem umpan balik atau peringkat;

 

(n)       mencoba mendekompilasi, merekayasa balik, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian apapun darinya), atau mengalahkan atau mengatasi teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang diimplementasikan oleh EBES sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang dikirim, diolah atau disimpan oleh EBES;

 

(o)       memungut atau mengumpulkan informasi apapun tentang atau mengenai pemegang Akun lain, termasuk, dengan tidak terbatas pada, data atau informasi pribadi apapun;

 

(p)       mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan Konten apapun yang tidak berhak untuk anda sediakan berdasarkan hukum atau ikatan kontrak atau fidusia (seperti informasi orang dalam, informasi eksklusif dan rahasia yang dipelajari atau diungkapkan sebagai bagian dari hubungan kerja atau di bawah perjanjian non pengungkapan);

 

(q)       mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan Konten apapun yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lainnya dari pihak mana pun;

 

(r)        mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan iklan, materi promosi yang tidak diinginkan atau tidak sah, “surat sampah”, “spam”, “surat berantai”, “skema piramida”, atau bentuk ajakan lainnya yang tidak sah;

 

(s)       mengunggah, mengirim email, memposting, mengirimkan atau menyediakan materi yang berisikan virus, worm, Trojan-horse perangkat lunak atau kode, rutin, file maupun program komputer lainnya yang dirancang untuk secara langsung atau tidak langsung memengaruhi, memanipulasi, mengganggu, menghancurkan atau membatasi fungsionalitas atau integritas perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau data atau perlengkapan telekomunikasi apapun;

 

(t)        mengganggu aliran normal dialog, menyebabkan layar “bergulir” lebih cepat daripada kecepatan mengetik Pengguna Layanan lainnya, atau melakukan tindakan yang secara negatif memengaruhi kemampuan Pengguna lain untuk berkomunikasi dalam waktu nyata;

 

(u)       memengaruhi, memanipulasi atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenyamanan menikmati Layanan oleh Pengguna lainnya, atau tidak menaati persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Situs;

 

(v)       melakukan tindakan atau terlibat dalam perilaku yang secara langsung atau tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani secara berlebihan, atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;

 

(w)      menggunakan Layanan untuk sengaja atau tidak sengaja melanggar hukum, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan atau peraturan setempat, negara bagian, nasional atau internasional yang berlaku termasuk, dengan tidak terbatas pada, undang-undang dan persyaratan (baik yang berkekuatan hukum maupun tidak) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau anti terorisme.

 

(x)       menggunakan Layanan dengan melanggar atau untuk menghindari sanksi atau embargo yang diberikan atau diberlakukan oleh Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS, Dewan Keamanan PBB, Uni Eropa atau Her Majesty’s Treasury;

 

(y)       menggunakan Layanan untuk melanggar privasi pihak lainnya atau untuk “menguntit” atau mengganggu pihak lain;

 

(z)       melanggar hak EBES, termasuk setiap hak kekayaan intelektual dan setiap pemboncengan reputasi (passing off) atas hak kekayaan intelektual tersebut;

 

(aa)    menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lainnya sehubungan dengan perilaku dan kegiatan terlarang yang ditetapkan di atas; dan/atau

 

(bb)    mendaftarkan barang yang melanggar hak cipta, merek dagang atau hak kekayaan intelektual pihak ketiga lainnya atau menggunakan layanan dengan cara yang akan melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain; dan/atau

 

(cc)     meminta, berkorespondensi, dan/atau terlibat dengan, atau menyediakan informasi terkait aktivitas pengguna saat menggunakan Layanan kepada media dan/atau perusahaan riset, untuk tujuan apapun termasuk namun tidak terbatas kepada riset pasar, survei kepuasan, atau bentuk pemasaran lainnya tanpa persetujuan tertulis dari EBES.

 

6.3    Anda memahami bahwa semua Konten, baik yang diposting untuk umum atau dikirimkan secara pribadi, merupakan tanggung jawab tunggal orang dari mana Konten tersebut berasal. Ini berarti anda, dan bukan EBES, bertanggung jawab penuh untuk semua Konten yang anda unggah, posting, kirim melalui email, kirimkan atau sediakan melalui Situs. Anda memahami bahwa dengan menggunakan Situs ini, anda mungkin akan menemukan Konten yang anda anggap menyinggung, tidak sopan atau tidak pantas. Sejauh yang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, dalam situasi apapun EBES tidak akan bertanggung jawab dengan cara apapun untuk setiap Konten, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, setiap kesalahan atau pembiaran dalam Konten, atau kehilangan maupun kerusakan dalam bentuk apapun yang terjadi sebagai akibat penggunaan, kepercayaan pada Konten yang diposting, diemail, dikirimkan atau disediakan di Situs.

 

6.4    Anda mengakui bahwa EBES dan pihak yang ditunjuk olehnya memiliki hak (tetapi bukan kewajiban) atas kebijakan mereka sendiri untuk melakukan penyaringan awal, menolak, menghapus, memberhentikan, membekukan, atau memindahkan Konten, termasuk dengan tidak terbatas pada setiap Konten atau informasi yang diposting oleh anda, yang tersedia di Situs tanpa kewajiban apapun terhadap Anda. Tanpa membatasi ketentuan di atas, EBES dan pihak yang ditunjuk olehnya berhak untuk menghapus Konten (i) yang melanggar Syarat Layanan ini atau Kebijakan Barang Yang Dilarang dan Dibatasi; (ii) jika kami menerima keluhan dari Pengguna lain; (iii) jika kami menerima pemberitahuan atau dugaan tentang pelanggaran kekayaan intelektual atau instruksi hukum atau permintaan lainnya untuk penghapusan; atau (iv) jika Konten tersebut tidak pantas. Kami juga dapat memblokir pengiriman komunikasi (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pembaruan status, postingan, pesan dan/atau obrolan) ke atau dari Layanan sebagai bagian dari upaya kami melindungi Layanan atau Pengguna kami, atau menegakkan ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini. Anda setuju bahwa anda harus mengevaluasi, dan menanggung semua risiko yang berkaitan dengan penggunaan Konten, termasuk, dengan tidak terbatas pada, kepercayaan pada keakuratan, kelengkapan, atau kegunaan Konten tersebut. Dalam hal ini, anda mengakui bahwa anda belum dan, sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, tidak boleh bersandar pada Konten yang dibuat oleh EBES atau dikirimkan ke EBES, termasuk, dengan tidak terbatas pada, informasi di Forum EBES dan di semua bagian lainnya dari Situs.

 

6.5    Anda mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa EBES dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi Akun dan Konten anda kepada setiap petugas hukum, pembuat peraturan, atau otoritas pemerintahan, pemilik hak yang relevan, atau pihak ketiga lainnya jika diharuskan untuk melakukannya oleh hukum berdasarkan perintah pengadilan atau permintaan yang sah oleh otoritas pemerintah atau pengatur yang memiliki yurisdiksi atas EBES atau dengan itikad baik bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum; (b) menegakkan Syarat Layanan ini dan Kebijakan Barang Yang Dilarang dan Dibatasi; (c) menanggapi klaim bahwa Konten melanggar hak pihak ketiga, termasuk hak kekayaan intelektual; (d) menanggapi permintaan anda untuk layanan pelanggan; atau (e) melindungi hak, milik atau keselamatan pribadi EBES, Penggunanya dan/atau masyarakat.

 

 

 

  1. PELANGGARAN TERHADAP SYARAT LAYANAN KAMI

 

7.1    Pelanggaran terhadap kebijakan ini dapat mengakibatkan berbagai tindakan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, salah satu atau semua dari hal-hal berikut ini:

 

–               Penghapusan daftar

 

–               Batasan diberlakukan pada hak Akun

 

–               Penangguhan dan pengakhiran akun

 

–               Tuntutan pidana 

 

–               Tindakan perdata, termasuk dengan tidak terbatas pada klaim untuk kerugian dan/atau ganti rugi sementara atau perintah ganti rugi oleh pengadilan.

 

 

7.2    Apabila anda yakin bahwa seorang Pengguna di Situs kami melanggar Syarat Layanan ini, silakan hubungi help@support.eBES.co.id.

 

 

  1. MELAPORKAN PELANGGARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

 

8.1     Sebagaimana disebutkan di atas, EBES tidak mengijinkan pendaftaran produk (listing) yang melanggar hak kekayaan intelektual dari suatu merek atau pemilik dari hak kekayaan intelektual lainnya (“Pemilik HAKI”)

 

8.2   Kecuali secara tegas dinyatakan berbeda, Pengguna adalah individu atau bisnis independen dan mereka tidak mempunyai hubungan dengan EBES dalam cara apapun dan EBES bukanlah agen atau perwakilan dari Pengguna dan tidak memegang dan/atau memiliki barang yang tercantum di Situs.

 

8.3   Apabila anda adalah Pemilik HAKI atau agen yang diberikan wewenang secara sah oleh Pemilik HAKI (“Agen HAKI”) dan anda percaya bahwa hak anda atau hak pihak yang memberikan wewenang kepada anda telah dilanggar, silakan beri tahu kami dengan menyerahkan formulir online melalui https://help.eBES.co.id/portal/webform/5d91ad7fc9c649b3b90902e1f1c407dc dan memberikan kepada kami dokumen yang dipersyaratkan di bawah untuk mendukung klaim anda. Mohon untuk memberikan waktu kepada kami untuk memproses informasi yang diberikan. EBES akan menanggapi klaim anda sesegera mungkin.

 

8.4   Klaim berdasarkan Bagian 8 ini harus diberikan dalam form yang ditentukan oleh EBES, yang dapat diperbaharui dari waktu ke waktu, dan harus mencakup sekurang-kurangnya hal berikut: (a) tanda tangan fisik atau elektronik Pemilik HAKI atau Agen HAKI (secara bersama-sama disebut “Informan”); (b) penjelasan tentang jenis dan sifat hak kekayaan intelektual yang diduga dilanggar; (c) penjelasan dari sifat pelanggaran yang diduga dengan rincian yang cukup untuk membuat EBES dapat menilai keluhan; (d) URL (link) daftar (-daftar) yang berisi dugaan pelanggaran; (e) informasi yang cukup untuk memperbolehkan EBES menghubungi Informan, seperti alamat fisik, nomor telepon dan alamat e-mail Informan; (f) pernyataan dari Informan bahwa keluhan tersebut diajukan dengan itikad baik dan bahwa penggunaan hak kekayaan intelektual sebagaimana diidentifikasi oleh Informan tidak diizinkan oleh Pemilik HAKI atau hukum; (g) pernyataan oleh Informan bahwa informasi dalam pemberitahuan tersebut akurat, memberikan ganti rugi kami atas setiap kerugian yang diderita oleh kami sebagai akibat dari informasi yang diberikan oleh Informan dan bahwa Informan memiliki hak yang sesuai atau berwenang untuk bertindak atas nama Pemilik HAKI atas semua hal yang terkait dengan keluhan tersebut.

 

8.5     EBES mengakui hak pemilik usaha untuk menandatangani beberapa perjanjian distribusi eksklusif atau perjanjian dengan harga minimum untuk diiklankan untuk beberapa produk milik pemilik usaha. Namun demikian, pelanggaran terhadap perjanjian tersebut bukan merupakan pelanggaran hak kekayaan intelektual. Bahwa pelaksanaan dari perjanjian-perjanjian tersebut adalah hal yang mengikat antara pemilik usaha dengan penjual, maka EBES tidak dapat membantu dalam jenis pelaksanaan kegiatan tersebut dan tidak dapat melaksanakan hak distribusi eksklusif atau hal pengendalian harga kecuali di beberapa negara yang memang memiliki hukum yang secara khusus mengatur tentang distribusi selektif atau eksklusif.

 

8.6     Masing-masing Penjual setuju untuk menjamin dan membebaskan EBES dan Afiliasinya dari seluruh klaim, penyebab dari tindakan, kerugian dan keputusan yang timbul dari setiap penghapusan Konten atau pendaftaran produk sesuai dengan atau sehubungan dengan keluhan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

 

 

  1. PEMBELIAN DAN PEMBAYARAN

 

9.1      EBES mendukung satu atau lebih metode pembayaran berikut:

 

(i)    Kartu kredit

Pembayaran dengan kartu diproses melalui saluran pembayaran pihak ketiga dan jenis kartu kredit yang diterima oleh saluran pembayaran ini mungkin bervariasi tergantung pada yurisdiksi tempat anda berada;

 

(ii)      Cash on Delivery (COD)

EBES menyediakan layanan COD di beberapa negara tertentu. Pembeli dapat membayar tunai langsung kepada agen pengiriman setelah menerima barang yang beli;

 

(iii)     Transfer Bank

Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau transfer bank via internet (“Transfer Bank”) ke Rekening Garansi EBES kami yang ditunjuk (seperti yang ditentukan dalam Bagian 13). Pembeli harus memberikan bukti transfer atau referensi transaksi pembayaran kepada EBES untuk tujuan verifikasi melalui fungsi ‘Unggah Bukti Pembayaran’ yang dapat ditemukan di aplikasi EBES sebagai konfirmasi pembayaran. Apabila konfirmasi pembayaran tidak diterima EBES dalam tiga (3) hari, pesanan Pembeli akan dibatalkan;

(iv)     EBESPay

Layanan EBESPay disediakan oleh PT AirPay International Indonesia (“AirPay”) sesuai dengan persyaratan, ketentuan dan kebijakan penggunaan layanan yang ditentukan oleh AirPay. Dengan mengaktivasikan akun EBESPay dan menggunakan Layanan EBES, anda dianggap telah menyetujui persyaratan, ketentuan, dan kebijakan yang ditentukan oleh AirPay dan memberikan persetujuan anda kepada EBES untuk mentransfer data/informasi pribadi anda yang berada dalam kepemilikan/penguasaan EBES kepada AirPay untuk tujuan mengaktivasikan akun EBESPay, mengelola, mengoperasikan, mengatur, dan menyediakan layanan EBESPay kepada anda, dan semua tujuan terkait dan insidentil; atau

(v)   metode pembayaran lainnya sebagaimana ditampilkan di Situs.

 

9.2    Pembeli boleh mengganti mode pembayaran pilihan untuk pembelian mereka hanya sebelum melakukan pembayaran.

 

9.3     EBES tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kewajiban apapun untuk setiap kerugian atau kerusakan terhadap Pembeli yang timbul dari informasi pengiriman dan/atau informasi pembayaran yang dimasukkan oleh Pembeli atau pengiriman uang yang salah oleh Pembeli sehubungan dengan pembayaran untuk barang yang dibeli. Kami berhak untuk mengecek apakah Pembeli berwenang untuk menggunakan metode pembayaran tertentu, dan dapat menangguhkan transaksi sampai otorisasi tersebut dikonfirmasi atau membatalkan transaksi yang bersangkutan bila konfirmasi tersebut tidak tersedia.

 

  1. EBESPAY UNTUK PEMBELI

 

10.1   EBESPay adalah layanan yang diberikan oleh AirPay yang memungkinkan Pembeli untuk menyimpan uang melalui rekening bank tertaut mereka (“Rekening Tertaut”), melakukan pembelian di Situs, dan menerima pengembalian dana untuk yang dilakukan di Situs melalui transfer bank, pembayaran tunai atau EBESPay. Untuk Pembeli, jumlah uang ini, dikurangi penarikan apapun, akan terefleksikan sebagai saldo EBESPay anda.

 

10.2   Setiap Pembeli telah diberikan akun EBESPay, yang harus diaktifkan oleh Pembeli setelah Pembeli menerima pengembalian dana sebelum akun EBESPay-nya dapat digunakan. Silakan lihat Syarat Layanan EBESPay AirPay untuk informasi lebih lanjut.

 

  1. SALDO PENJUAL EBES

 

11.1  Saldo Penjual EBES memungkinkan Penjual untuk menyimpan uang yang mereka terima dari hasil penjualan dan pengembalian biaya pengiriman. Jumlah ini, dikurangi penarikan apapun, akan terefleksikan sebagai Saldo Penjual EBES anda.

 

11.2  Uang dari penjualan barang anda di EBES akan dikreditkan ke Saldo Penjual EBES anda dalam waktu satu (1) hari setelah barang diterima oleh Pembeli berdasarkan status pengiriman termutakhir dari penyedia jasa pengiriman atau segera setelah Pembeli mengkonfirmasi di Situs bahwa mereka telah menerima barang tersebut.

 

11.3  Pada saat ini, EBES hanya dapat melakukan pembayaran (yaitu hasil penjualan barang dan pengembalian biaya pengiriman) kepada Penjual melalui bank transfer. Oleh karena itu, Penjual diminta untuk memberikan rincian rekening bank Penjual kepada EBES untuk menerima pembayaran dari EBES.

 

  1. PENARIKAN DAN PENYESUAIAN SALDO

 

12.1  Anda dapat mentransfer dana dari EBESPay atau Saldo Penjual anda (hingga jumlah saldo EBESPay anda atau sebagaimana ditentukan oleh EBES) dengan mentransfer dana ke Rekening Tertaut anda dengan mengirimkan permintaan transfer (“Permintaan Penarikan”) dalam frekuensi harian yang wajar untuk EBESPay sebagaimana ditentukan oleh EBES atau maksimal sekali per hari untuk Saldo Penjual. EBES dapat juga secara otomatis mentransfer dana dari Saldo Penjual anda ke Rekening Tertaut anda secara regular, sebagaimana ditentukan oleh EBES. Transfer tersebut mungkin membutuhkan waktu hingga dua hari kerja, atau periode lain yang ditentukan oleh bank penerima, untuk dikreditkan ke Rekening Tertaut anda.

 

12.2  Setelah diajukan, anda tidak dapat mengubah atau membatalkan Permintaan Penarikan.

 

12.3  Jika terjadi kesalahan dalam memproses transaksi apapun, anda memberikan kuasa kepada kami untuk melakukan entri debit dari atau kredit ke rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang anda gunakan untuk melakukan transaksi terkait, untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dengan ketentuan bahwa koreksi tersebut dilakukan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Jika kami tidak dapat mendebet rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang anda gunakan untuk melakukan transaksi terkait dengan alasan apapun, anda memberikan kuasa kepada kami untuk mengajukan ulang debit, ditambah biaya yang berlaku, ke rekening bank lain atau instrumen pembayaran yang anda miliki dengan kami atau memotong debit dan biaya yang berlaku dari saldo EBESPay atau Saldo Penjual anda di masa mendatang.

 

12.4  Anda memberikan kuasa kepada kami, termasuk namun tidak terbatas kepada AirPay, untuk melakukan entri debit atau kredit ke EBESPay atau Saldo Penjual anda:

 

(i)              untuk memperbaiki kesalahan ketika memproses suatu transaksi;

 

(ii)             dimana EBES telah menentukan bahwa anda telah terlibat dalam penipuan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan;

 

(iii)            sehubungan dengan barang yang tidak tepat, hilang, atau rusak;

 

(iv)            sehubungan dengan hadiah atau potongan harga;

 

(v)             sehubungan dengan biaya yang belum terbayar;

 

(vi)            sehubungan dengan penyelesaian perselisihan transaksi, termasuk kompensasi yang harus dibayarkan kepada, atau dari, anda;

 

(vii)           sehubungan dengan barang-barang yang dilarang atau ditahan oleh bea cukai;

 

(viii)          sehubungan dengan perubahan pemikiran yang disetujui secara bersama-sama oleh Pembeli dan Penjual; dan

 

(ix)            untuk membeli Kredit Iklan EBES apabila anda mengaktifkan Fitur Top Up Kredit Iklan EBES dan Kredit Iklan EBES anda berada di bawah Jumlah Minimum Kredit Iklan EBES.

 

 

  1. GARANSI EBES

 

13.1  Garansi EBES adalah layanan yang disediakan oleh EBES atau agen yang berwenang untuk melindungi pembelian. Untuk melindungi terhadap risiko tanggung jawab, pembayaran untuk pembelian yang dilakukan kepada Penjual dengan menggunakan Layanan akan diselenggarakan oleh EBES atau agen yang berwenang (“Rekening Garansi EBES”). Penjual tidak akan menerima bunga atau penghasilan lain dari jumlah yang telah anda bayarkan ke Rekening Garansi EBES.

 

13.2  Setelah Pembeli melakukan pembayaran untuk pesanannya (“Uang Pembelian Pembeli”), Uang Pembelian Pembeli akan disimpan di Rekening Garansi EBES sampai:

 

(a)     Pembeli mengirimkan konfirmasi kepada EBES bahwa Pembeli telah menerima barangnya, dalam hal mana, kecuali 13.2(d) berlaku, EBES akan mengeluarkan Uang Pembelian Pembeli (dikurangi Biaya Penanganan dan Jumlah Pajak (sebagaimana didefinisikan di bawah)) di Rekening Garansi EBES kepada Penjual;

 

(b)   Masa Garansi EBES (atau setiap perpanjangan yang disetujui berdasarkan 13.3) berakhir, dalam hal mana, kecuali 13.2(c) atau 13.2(d) berlaku, EBES akan mengeluarkan Uang Pembelian Pembeli (dikurangi Biaya Penanganan dan Jumlah Pajak (sebagaimana didefinisikan di bawah)) di Rekening Garansi EBES kepada Penjual;

 

(c)   EBES menetapkan bahwa permohonan Pembeli untuk pengembalian barang dan/atau pengembalian dana berhasil, dalam hal mana, kecuali 13.2(d) berlaku, EBES akan mengembalikan uang kepada Pembeli, dengan tunduk pada dan sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang.

 

(d)   waktu lain saat EBES secara wajar menetapkan bahwa distribusi Uang Pembelian Pembeli (dikurangi Biaya Penanganan dan Jumlah Pajak (sebagaimana didefinisikan di bawah)) adalah tepat, termasuk, dengan tidak terbatas pada, saat dianggap perlu untuk mematuhi hukum yang berlaku atau perintah pengadilan atau untuk menegakkan Syarat Layanan ini.

 

Garansi EBES hanya ditawarkan kepada Pembeli yang telah melakukan pembayaran melalui saluran yang disediakan EBES ke Rekening Garansi EBES. Pengaturan offline antara Pembeli dan Penjual tidak akan dilindungi oleh Garansi EBES.

 

13.3  Pembayaran yang dilakukan melalui saluran EBES akan disimpan di Rekening Garansi EBES selama jangka waktu tertentu (“Masa Garansi EBES”). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Masa Garansi EBES, silakan klik tautan ini. Pembeli dapat mengajukan permohonan perpanjangan satu kali untuk Masa Garansi EBES sebelum berakhirnya Masa Garansi EBES yang berlaku, dengan tunduk dan sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang. Setelah permohonan Pembeli, Masa Garansi EBES dapat diperpanjang untuk jangka waktu maksimal tiga (3) hari kecuali EBES atas kebijakannya sendiri menentukan bahwa perpanjangan yang lebih lama tepat atau diperlukan.

         

13.4  Apabila, untuk alasan apapun, rekening bank Penjual tidak dapat dikreditkan dan/atau Penjual tidak dapat dihubungi, EBES akan melaksanakan usaha yang wajar untuk menghubungi Penjual dengan menggunakan rincian kontak yang diberikan oleh Penjual tersebut. Dalam hal Penjual tidak dapat dihubungi dan Uang Pembelian Pembeli tetap tidak diklaim selama lebih dari dua belas (12) bulan setelah uang tersebut jatuh tempo untuk diberikan untuk Penjual, EBES akan menangani Uang Pembelian Pembeli yang tidak diklaim tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

13.5  Apabila Uang Pembelian Pembeli tidak dilepaskan kepada Penjual karena alasan yang disebutkan di Bagian 5.3, dan Penjual tidak, dalam jangka waktu dua belas (12) bulan, tidak menyediakan bukti yang memuaskan EBES bahwa Uang Pembelian Pembeli tersebut seharusnya dilepaskan kepada Penjual, maka Penjual setuju bahwa EBES akan menangani Uang Pembelian Pembeli yang tidak diklaim tersebut berdasarkan kebijakan EBES sesuai dengan hukum yang berlaku.

     

13.6  Penjual/Pembeli haruslah pemilik Akun dan melakukan transaksi di Situs hanya atas nama dirinya sendiri. EBES mungkin memerlukan Penjual atau Pembeli untuk memberikan data pribadi Penjual atau Pembeli seperti foto identitas terkini, rincian rekening bank dan/atau dokumen lain apapun yang diperlukan, untuk tujuan verifikasi, termasuk verifikasi yang diperlukan oleh pengelola pembayaran pihak ketiga dan penyedia layanan logistik. Dengan ini Penjual/Pembeli memberi persetujuan kepada EBES untuk menggunakan atau memberikan kepada pihak ketiga data pribadi Penjual/Pembeli untuk memfasilitasi penggunaan Situs oleh Penjual/Pembeli. Lebih lanjut, Penjual/Pembeli memberi wewenang kepada EBES untuk menggunakan data pribadi Penjual/Pembeli guna mengajukan pertanyaan apapun yang kami anggap perlu untuk memvalidasi identitas Penjual/Pembeli dengan entitas yang sesuai seperti bank Penjual/Pembeli. Untuk informasi lebih lanjut dalam kaitan dengan bagaimana EBES menangani informasi pribadi anda, silakan kunjungi halaman KKebijakan Privasi kami.

 

13.7  Garansi EBES merupakan tambahan dan tanpa batasan atas kewajiban Pembeli dan Penjual berdasarkan hukum yang berlaku, yang mungkin melebihi apa yang diberikan oleh Garansi EBES. Garansi EBES tidak dimaksudkan atau dirancang untuk membantu Pembeli atau Penjual dalam mematuhi kewajiban hukumnya sendiri, di mana untuk hal tersebut setiap pihak akan tetapi bertanggung jawab sendiri-sendiri, dan EBES tidak bertanggung jawab sehubungan dengan hal tersebut. Tanpa batasan, Garansi EBES bukan merupakan garansi produk.

 

13.8  Pembeli dan Penjual mengakui dan setuju bahwa keputusan EBES (termasuk setiap permohonan) sehubungan dengan dan dalam kaitan dengan setiap masalah mengenai Garansi EBES bersifat final.

 

  1. SISTEM PENGHARGAAN KOIN EBES

 

14.1  Pengguna dapat mendapatkan poin loyalitas (loyalty points) (“Koin EBES”) dengan membeli barang di Situs menggunakan sistem Garansi EBES atau dengan berpartisipasi dalam kegiatan EBES lainnya sebagaimana dapat ditentukan dari waktu ke waktu oleh EBES (“Aktivitas Yang Memenuhi Syarat”) berdasarkan nilai konversi yang ditentukan oleh EBES atas kebijakannya sendiri. Umumnya, Koin EBES akan dikreditkan ke Akun Pengguna pada saat penyelesaian transaksi yang berhasil atau aktivitas yang disetujui oleh EBES. Anda berhak untuk berpartisipasi dalam sistem reward Koin EBES apabila anda adalah Pengguna dan Akun anda tidak secara tegas mengecualikan anda untuk berpartisipasi.

 

14.2 Transaksi yang tidak diselesaikan di Situs menggunakan Garansi EBES tidak memenuhi syarat untuk sistem penghargaan Koin EBES. EBES dapat dengan kebijakannya sendiri mengecualikan kategori-kategori barang dari sistem penghargaan Koin EBES.

 

14.3  Koin EBES yang dikreditkan ke Pembeli tidak memiliki nilai moneter, bukan merupakan properti Pembeli dan tidak dapat dibeli, dijual, dialihkan atau ditukar dengan uang oleh Pembeli.

 

14.4  Dengan mengacu kepada pada aturan dan peraturan EBES sebagaimana ditentukan, diubah atau dimodifikasi dari waktu ke waktu oleh EBES, dan pada batasan yang dikenakan oleh EBES atas kebijakannya sendiri, Pengguna dapat menukar Koin EBES dengan mengirimkan permintaan kepada EBES dan menggunakan Koin EBES untuk disesuaikan (off set) dengan harga pembelian dari barang tertentu pada saat melakukan pembelian di Situs sebagaimana disarankan dari waktu ke waktu oleh EBES. Seluruh pengembalian dana akan dilakukan dengan mengacu kepada Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang EBES sesuai Bagian 19.4.

 

14.5  Koin EBES yang ditukarkan oleh anda akan dipotong dari saldo Koin EBES anda. Setiap Koin EBES dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa. Mohon untuk memeriksa rincian akun anda di Situs untuk saldo dan tanggal kadaluarsa Koin EBES.

 

14.6  Dari waktu ke waktu, kami dapat memberitahukan kepada anda bahwa Koin EBES akan diberikan untuk Aktivitas Yang Memenuhi Syarat tertentu. Hal ini dapat meliputi tetapi tidak terbatas pada pembelian yang anda lakukan di Penjual yang ikut berpartisipasi atau sesuai dengan penawaran promosi tertentu. Kami akan memberitahukan anda ketentuan-ketentuan dari penghargaan bonus (bonus award) tersebut jika ada dari waktu ke waktu.

 

14.7  Apabila anda memiliki permasalahan terkait dengan jumlah Koin EBES yang anda miliki sehubungan dengan Aktivitas Yang Memenuhi Syarat, pengajuan permasalahan tersebut harus dilakukan dalam waktu satu (1) bulan sejak tanggal Aktivitas Yang Memenuhi Syarat. Kami dapat meminta anda untuk memberikan bukti untuk mendukung klaimanda.

 

14.8  EBES tidak memberikan garansi dan tidak bertanggung jawab atas perlakukan pajak pokok Koin EBES. Anda perlu untuk memeriksa hal ini dengan penasihat pajak anda apakah menerima Koin EBES mempengaruhi situasi pajak anda.

 

14.9  EBES berhak untuk (i) menghentikan Sistem Penghargaan Koin EBES setiap waktu atas kebijakannya sendiri dan (ii) membatalkan atau menangguhkan hak Pengguna untuk berpartisipasi dalam Sistem Penghargaan Koin EBES, termasuk kemampuan untuk mendapatkan dan menukarkan Koin EBES atas kebijakannya sendiri.

 

 

  1. LAYANAN PEMASARAN KOIN EBES

 

 

15.1  Penjual dapat membeli Koin EBES untuk distribusi gratis kepada Pembeli untuk tujuan pemasaran di bagian “Marketing Centre” pada Seller Centre (“Marketing Centre”). Apabila anda adalah Penjual yang membeli Koin EBES, anda akan dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Bagian ini, dan setiap materi penjelasan apapun yang dipublikasikan di Situs ini, Seller Centre atau sebaliknya dikomunikasikan kepada Penjual secara tertulis (“Peraturan Koin Penjual”).

 

 15.2 Untuk membeli Koin EBES, anda harus merupakan Penjual yang memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Koin Penjual. Pada saat anda membeli dan membayar Koin EBES, Akun anda tidak boleh dalam keadaan ditangguhkan.

 

15.3  Anda dapat membeli Koin EBES melalui metode pembayaran yang ditetapkan di Marketing Centre. Setelah pembayaran selesai, Koin EBES akan diterbitkan ke Akun anda untuk diberikan kepada Pembeli dalam waktu dua puluh empat (24) jam, dan akan daluwarsa dalam waktu enam (6) bulan setelah pembelian atau dalam jangka waktu lain yang ditentukan oleh EBES. Kecuali dinyatakan sebaliknya dalam Peraturan Koin Penjual yang berlaku, anda tidak boleh membatalkan pesanan dan/atau meminta pengembalian uang setelah membeli Koin EBES dan menyelesaikan proses pembayaran.

 

15.4  Koin EBES yang dibeli oleh Penjual hanya dapat diberikan secara gratis kepada Pembeli melalui saluran promosi yang disediakan di Marketing Centre. Anda tidak boleh menjual, menebus, atau sebaliknya berurusan dengan, Koin EBES dalam kondisi apapun. Anda setuju bahwa kegagalan untuk mematuhi bagian ini atau salah satu dari Peraturan Koin Penjual dapat, tanpa batasan, mengakibatkan penyitaan Koin EBES yang dibeli oleh anda, disamping tindakan atau pemulihan lain yang dapat diambil atau ditegakkan oleh EBES.

 

15.5  Anda memahami dan menyetujui bahwa EBES tidak menjamin kenaikan jumlah pengunjung atau penjualan barang anda sebagai akibat layanan pembelian dan distribusi gratis dari Koin EBES.

 

15.6  Anda disarankan untuk hanya membeli Koin EBES setelah benar-benar mempertimbangkan anggaran anda dan maksud tujuan iklan yang dimaksudkan. Kecuali dinyatakan sebaliknya dalam Syarat Layanan ini atau Peraturan Koin Penjual, EBES tidak akan bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi apapun atau memikul tanggung jawab apapun (termasuk namun tidak terbatas pada pengeluaran aktual dan kehilangan keuntungan) atas akibat atau prospek akibat pembelian Koin EBES.

 

15.7  APABILA, DENGAN TIDAK MENGESAMPINGKAN HAL-HAL DALAM SYARAT LAYANAN INI, EBES DINYATAKAN OLEH PENGADILAN DARI YURISIKSI YANG BERKOMPETENSI UNTUK BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN YANG DISENGAJA) SEHUBUNGAN DENGAN PEMBELIAN KOIN EBES OLEH ANDA, MAKA, SEPANJANG DIPERBOLEHKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, KEWAJIBAN EBES KEPADA ANDA ATAU KEPADA SETIAP PIHAK KETIGA TERBATAS HANYA YANG TERKAIT PADA JUMLAH YANG DIBAYARKAN OLEH ANDA UNTUK KOIN EBES TERSEBUT. 

 

 

  1. VOUCHER CASHBACK DALAM BENTUK KOIN EBES

 

 

 

16.1  Pengguna dapat menerima voucher yang memberikan hak kepada Pengguna untuk menerima Koin EBES tambahan (“Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES”) pada pembelian yang memenuhi persyaratan di Situs. Setelah penyelesaian transaksi berhasil dimana Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES telah digunakan, Koin EBES akan dikreditkan ke Akun Pengguna. Koin EBES yang dikreditkan ke Pengguna setelah ditukarkan dari Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES akan memiliki syarat dan ketentuan yang sama (termasuk sehubungan dengan waktu berakhirnya) dengan Koin EBES yang biasa.

 

16.2  EBES dapat mengijinkan Penjual untuk menerbitkan Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES (masing-masing disebutkan sebagai “Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES dari Penjual”), yang mana para Pembeli dapat menggunakannya untuk transaksi yang memenuhi syarat dari toko Penjual tersebut. Apabila anda adalah Penjual yang menerbitkan Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES dari Penjual, anda akan dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang tercantum di dalam Bagian ini.

 

16.3  Ketika menerbitkan Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES dari Penjual, nilai Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES akan ditentukan oleh Penjual sesuai dengan kebijaksanaan Penjual. Penjual secara tunggal bertanggung jawab penuh untuk keakuratan nilai Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES.

 

16.4  Untuk setiap transaksi yang telah diselesaikan dimana Pembeli telah berhasil menggunakan Voucher Cashback Dalam Bentuk Koin EBES, Penjual wajib membayar EBES sejumlah nilai dari Koin EBES tambahan yang dikreditkan kepada Pembeli (“Harga Koin Cashback”).

 

16.5  Setelah transaksi diselesaikan, EBES akan memotong Harga Koin Cashback dari Uang Pembelian Pembeli, dan mengembalikannya kembali ke Penjual sesuai dengan Bagian 11.2. Untuk menghindari keragu-raguan, Harga Koin Cashback akan diterapkan sebagai tambahan dari Biaya Transaksi dan Jumlah Pajak berdasarkan Syarat Layanan. 

 

16.6  Harga Koin Cashback dan Jumlah Pajak Koin Cashback secara tegas tidak dapat dikembalikan.

 

  1. PENJUAL STAR

 

17.1   Penjual Star merupakan sebuah apresiasi yang diberikan oleh EBES untuk Penjual yang aktif, memiliki pelayanan pelanggan yang baik dan telah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh EBES (selanjutnya disebut sebagai “Penjual Star”). Produk-produk yang dijual oleh Penjual Star selanjutnya disebut sebagai “Produk Penjual Star”. Penjual Star berhak atas beberapa hak-hak istimewa dan keuntungan, sebagaimana diatur di dalam Situs. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap Penjual Star , yang ditentukan oleh EBES dari waktu ke waktu berdasarkan Kebijakan EBES, sesuai dengan Persyaratan Layanan.

 

 

 

17.2  Untuk mengetahui kriteria menjadi Penjual Star, Penjual dapat membuka tautan https://seller.eBES.co.id/edu/category?sub_cat_id=282. EBES dapat sewaktu-waktu mengubah kriteria Penjual Star dengan kebijaksanaannya sendiri, berdasarkan Kebijakan EBES, sesuai dengan Persyaratan Layanan.

 

17.3  EBES dapat mengundang Penjual untuk menjadi Penjual Star. Apabila Penjual tidak bersedia untuk menjadi Penjual Star, Penjual tersebut dapat menyampaikan pemberitahuan kepada EBES selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kalender setelah EBES memberitahukan Penjual bahwa Penjual tersebut terpilih menjadi Penjual Star. Apabila Penjual Star tidak memberikan pemberitahuan tersebut, maka Penjual Star tersebut dianggap telah setuju untuk menjadi Penjual Star sesuai dengan syarat dan ketentuan.

 

17.4   Penjual Star dapat memilih untuk tidak lagi menjadi Penjual Star setiap saat dengan memilih opsi keluar dengan melakukan langkah-langkah pada tautan ini https://seller.eBES.co.id/edu/article/3659.

 

17.5  Dari waktu ke waktu EBES akan melakukan peninjauan performa Penjual Star. Penjual yang telah menjadi Penjual Star akan terus menjadi Penjual Star kecuali Penjual tersebut tidak lagi memenuhi kriteria yang ditentukan EBES untuk menjadi Penjual Star.

 

 

  1. PENJUAL STAR+

 

18.1 Penjual Star+ merupakan sebuah apresiasi yang diberikan oleh EBES untuk Penjual Star yang aktif, memiliki pelayanan pelanggan yang baik dan telah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh EBES (selanjutnya disebut sebagai “Penjual Star+”). Produk-produk yang dijual oleh Penjual Star selanjutnya disebut sebagai “Produk Penjual Star+”. Penjual Star+ berhak atas beberapa hak-hak istimewa dan keuntungan, sebagaimana diatur di dalam Situs. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap Penjual Star+, yang ditentukan oleh EBES dari waktu ke waktu berdasarkan Kebijakan EBES, sesuai dengan Persyaratan Layanan.

 

18.2.   Penjual yang dapat menjadi Penjual Star+ harus terlebih dahulu menjadi Penjual Star. Untuk mengetahui kriteria untuk menjadi Penjual Star+, Penjual Star dapat membuka tautan http://eBES.co.id/program-starplus-eBES. EBES dapat sewaktu-waktu mengubah kriteria Penjual Star+ dengan kebijaksanaannya sendiri, berdasarkan Kebijakan EBES, sesuai dengan Persyaratan Layanan.

 

18.3.   Penjual Star akan secara otomatis menjadi Penjual Star+ bila Penjual telah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh EBES setelah melalui masa evaluasi 12 minggu secara berturut-turut.

 

18.4.   Penjual Star+ dapat memilih untuk tidak lagi menjadi Penjual Star+ setiap saat dengan memilih opsi keluar yang tersedia di EBES https://help.eBES.co.id/portal/. Apabila Penjual Star+ memilih untuk tidak lagi menjadi Penjual Star+, maka status Penjual Star+ akan menjadi Penjual Non-Star.

 

 

18.5.   Dari waktu ke waktu EBES akan melakukan peninjauan performa Penjual Star+. Penjual Star yang telah menjadi Penjual Star+ akan terus menjadi Penjual Star+ kecuali Penjual Star tersebut tidak lagi memenuhi kriteria yang ditentukan EBES untuk menjadi Penjual Star+.

 

  1. BIAYA ADMINISTRASI

 

19.1. Untuk setiap Produk yang dijual di Situs, Penjual mengakui dan setuju untuk membayar kepada EBES suatu biaya administrasi kecuali disepakati lain antara EBES dan Penjual Mall. Khusus untuk Penjual Mall, ketentuan terkait dengan Biaya Administrasi Penjual akan diatur dengan kepada Ketentuan Layanan EBES Mall.

 

19.2. Biaya Adminstrasi Penjual Star atau Penjual Star+

 

  1. a) Kecuali disepakati lain antara EBES dan Penjual Star atau Penjual Star+, Penjual Star atau Penjual Star+ mengakui dan setuju untuk membayar kepada EBES suatu biaya administrasi untuk setiap Produk Penjual Star atau Penjual Star+ yang terjual di Situs (“Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+”).

 

  1. b) Untuk setiap Produk yang berhasil terjual di Situs, Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+ yang dibayarkan untuk Produk Penjual Star atau Penjual Star+ akan dihitung sebagai berikut:

 

   Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+ = (Harga original Produk Penjual Star atau Produk Penjual Star+ – total potongan dan/atau voucher diskon dari Penjual Star atau Penjual Star+) x 3,2%/2,5%/1,75% (tergantung kategori produk A/B/C*)

 

*Rincian biaya dan pembagian Kategori A, B, dan C dapat dilihat di sini.  https://seller.eBES.co.id/edu/article/7882

 

Dari waktu ke waktu, EBES berhak untuk mengubah besaran Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+ sesuai dengan kebijaksanaan EBES dan dengan pemberitahuan kepada Penjual.

 

  1. c) Sebelum dikenakan Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+:

 

  1. Untuk Penjual Star – Penjual Star menerima pemberitahuan melalui notifikasi di aplikasi EBES (“Pemberitahuan Terkait Biaya”). Dalam hal Penjual Star tidak menyetujui pemberlakuan Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+ dan tidak ingin lagi menjadi Penjual Star, Penjual tersebut dapat menyampaikan pemberitahuan kepada EBES selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender setelah menerima Pemberitahuan Terkait Biaya. Dengan menyampaikan pemberitahuan tersebut, Penjual dianggap setuju untuk tidak lagi terpilih menjadi Penjual Star. Penjual hanya dapat kembali menjadi Penjual Star apabila menyetujui syarat layanan Penjual Star ini dan setuju untuk membayar Biaya Administrasi Penjual Star atau Star+. Dalam hal EBES tidak menerima jawaban dari Penjual Star dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender setelah mengirimkan Pemberitahuan Terkait Biaya , Penjual Star akan dianggap telah setuju untuk membayar Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+ dan Penjual Star tidak lagi berhak atas pengembalian dana dalam bentuk apapun.

 

  1. Untuk Penjual Star+ – Penjual Star+ akan menerima pemberitahuan melalui notifikasi di aplikasi EBES (“Pemberitahuan Terkait Biaya”). Dalam hal Penjual Star+ tidak menyetujui pemberlakuan Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+ maka Penjual Star+ menyampaikan pemberitahuan kepada EBES selambat-lambatnya dalam waktu 1 hari kalender setelah menerima Pemberitahuan Terkait Biaya dan memilih opsi keluar sesuai dengan mekanisme yang disebutkan di dalam Bagian 18.4. Dalam hal EBES tidak menerima jawaban dari Penjual Star+ dalam waktu 1 (satu) hari kalender setelah mengirimkan Pemberitahuan Terkait Biaya, Penjual Star+ akan dianggap telah setuju untuk membayar Biaya Administrasi Penjual Star atau Penjual Star+ dan Penjual Star+ tidak lagi berhak atas pengembalian dana dalam bentuk apapun.

 

19.3 Biaya Administrasi Penjual Non-Star 

 

  1. a)   Penjual Non-Star adalah Penjual yang bukan Penjual Star dan bukan Penjual Mall (sebagaimana didefinisikan pada Ketentuan Layanan EBES Mall)(“Penjual Non-Star”).

 

 

  1. b)   Efektif sejak 1 September 2020, kecuali disepakati lain antara EBES dan Penjual Non-Star, Penjual Non-Star mengakui dan setuju untuk membayar kepada EBES suatu biaya administrasi untuk setiap Produk Penjual Non-Star yang terjual di Situs (“Biaya Administrasi Penjual Non-Star ”).

 

  1. c)    Biaya Administrasi Penjual Non-Star akan dihitung sebagai berikut:

 

Biaya Administrasi Penjual Non-Star = (Harga original Produk Penjual Non-Star – total potongan dan/atau voucher diskon dari Penjual Non-Star) x Persentase Biaya Administrasi Penjual Non-Star)

 

Dari waktu ke waktu, EBES berhak untuk mengubah besaran Biaya Administrasi Non-Star sesuai dengan kebijaksanaan EBES dan dengan pemberitahuan kepada Penjual Non-Star.

 

  1. d)   Penjual Non-Star mengakui dan memahami bahwa persentase biaya administrasi untuk Penjual Non-Star akan dihitung berdasarkan jumlah pesanan yang terselesaikan oleh Penjual sebagai berikut (“Persentase Biaya Administrasi Penjual Non-Star”):

 

Jumlah Pesanan yang terselesaikan (terhitung sejak tanggal Penjual bergabung dengan EBES) / Number of orders completed (from the date such Seller joins EBES)

Persentase Biaya Administrasi Penjual Non-Star / Percentage of Non-Star Seller Administrative Fee

>= 100

ID: 2,5%/1,7%/1,25% (tergantung kategori produk A/B/C*)

EN: 2.5%/1.7%/1.25% (depends on product’s category A/B/C*)

 

< 100

0%

 

*Rincian biaya dan pembagian Kategori A, B, dan C dapat dilihat di sini. https://seller.eBES.co.id/edu/article/7882

 

 

  1. PENGIRIMAN

 

20.1  EBES akan memberi tahu Penjual kapan EBES menerima Uang Pembelian Pembeli. Kecuali disepakati lain dengan EBES, Penjual kemudian harus melakukan pengaturan yang diperlukan untuk mengirimkan barang yang dibeli kepada Pembeli dan memberikan rincian seperti nama perusahaan pengiriman, nomor pelacakan, dsb. kepada Pembeli melalui Situs.

 

20.2  Untuk pengiriman barang oleh Penjual kepada Pembeli di dalam wilayah Republik Indonesia, Penjual dan Pembeli dapat memilih layanan pengiriman yang disediakan oleh perusahaan layanan logistik yang bekerja sama dengan EBES. EBES bertindak sebagai perantara yang mempertemukan antara Penjual dan Pembeli dengan perusahaan layanan logistik yang dipilih oleh Penjual dan/atau Pembeli. Penjual dan Pembeli merupakan pihak yang menunjuk dan menggunakan jasa perusahaan layanan logistik dalam mengirimkan barang dari Penjual kepada Pembeli. Pembayaran biaya kirim untuk setiap jasa pengiriman barang menjadi tanggung jawab Pembeli dan Penjual.

 

20.3  Penjual harus melakukan upaya terbaiknya untuk memastikan Pembeli menerima barang yang dibeli dalam Masa Garansi EBES, bilamana berlaku atau jangka waktu yang ditentukan (untuk pembayaran offline) oleh Penjual pada daftar Penjual.

 

20.4  Dengan mengacu pada ketentuan di Bagian 20.2 di atas, pengiriman akan dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa kurir/ pengiriman yang ditunjuk masing-masing Penjual, dan bukan oleh EBES. EBES bertanggung jawab untuk memfasilitasi laporan/ keluhan dari Pembeli apabila Pembeli belum menerima Produk dalam jangka waktu yang diestimasikan. Dalam hal Pembeli belum menerima Produk dalam jangka waktu yang diestimasikan, maka Pembeli harus memberitahu layanan pelanggan EBES yang disediakan melalui Platform perihal tersebut sejak tanggal estimasi Produk seharusnya diterima sesuai dengan Kebijakan EBES dan ketentuan Garansi EBES. EBES selanjutnya akan meneruskan keberatan Pembeli kepada Penjual dan/atau perusahaan penyedia jasa kurir/pengiriman yang bersangkutan untuk mencari solusi yang terbaik bagi Penjual dan Pembeli.

 

Untuk menghindari keraguan, untuk seluruh jasa pengiriman, tanggung jawab EBES terbatas pada layanan EBES melalui layanan keluhan pelanggan (customer service) untuk memfasilitasi laporan/keluhan Pembeli kepada Penjual dan/atau perusahaan penyedia jasa kurir/pengiriman yang bersangkutan. Apabila Pembeli tidak melakukan pemberitahuan dalam jangka waktu yang wajar sebagaimana yang ditentukan di dalam Kebijakan EBES dan Garansi EBES, maka EBES menganggap Pembeli telah menerima Produk dengan baik.. Pengguna memahami dan setuju bahwa tanggung jawab EBES adalah sebatas yang telah disebutkan di atas dan EBES tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, pengeluaran, biaya atau ongkos yang timbul dari resiko pengiriman barang dan Penjual dan/atau Pembeli akan membicarakan hal tersebut dengan penyedia jasa logistik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

 

 

20.5  Saat pengantaran barang, perusahaan layanan logistik yang bekerja sama dengan EBES dapat sewaktu-waktu mewajibkan adanya bukti pengantaran secara elektronik dari Pembeli berupa foto penerima barang bersama dengan barang tersebut saat barang sampai ke tempat Pembeli sebagai bukti bahwa barang telah diantar dan diterima oleh Pembeli. Apabila diminta, Pembeli (atau penerima barang yang menerima barang atas nama Pembeli) harus bersedia untuk difoto semata-mata untuk tujuan penyerahan bukti pengantaran secara elektronik.

 

  1. 6  Untuk Transaksi Lintas Batas (Cross-Border Transaction), Pengguna memahami dan mengakui, dimana di dalam suatu daftar produk disebutkan bahwa produk tersebut akan dikirimkan dari luar negeri, produk tersebut dijual oleh Penjual yang berdomisili di luar Republik Indonesia, dan bahwa seluruh transaksi impor dan ekspor dari produk tersebut tunduk kepada undang-undang dan peraturan setempat. Pengguna harus memahami seluruh batasan impor atau ekspor yang berlaku untuk negara yang dituju. Pengguna mengakui bahwa EBES tidak dapat memberikan nasihat hukum terkait hal ini dan setuju bahwa EBES tidak akan menanggung resiko dan kewajiban apapun terkait dengan impor dan ekspor produk tersebut ke negara Republik Indonesia.

 

 

  1. PEMBATALAN, PENGEMBALIAN BARANG DAN UANG

 

21.1  Pembeli hanya boleh membatalkan pesanannya sebelum pembayaran Uang Pembelian Pembeli ke Rekening Garansi EBES.

 

21.2  Pembeli dapat mengajukan permohonan pengembalian barang yang dibeli dan pengembalian dana sebelum berakhirnya Masa Garansi EBES, bilamana berlaku, dengan tunduk dan sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang EBES. Silakan lihat Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang EBES untuk informasi lebih lanjut.

 

21.3  Kecuali untuk transaksi yang dibayar menggunakan kartu kredit atau metode pembayaran kredit lainnya, semua pengembalian dana yang timbul dari transaksi di Situs akan dibayarkan ke akun EBESPay Pembeli.

 

21.4   EBES berhak untuk membatalkan transaksi apapun di Situs dan Pembeli setuju bahwa satu-satunya upaya perbaikan yang dimiliki oleh Pembeli adalah menerima pengembalian dana dari Uang Pembelian Pembeli yang dibayarkan ke akun EBESPay Pembeli.

 

21.5  Apabila anda telah menukarkan Koin EBES untuk transaksi anda dan anda berhasil mendapatkan pengembalian dana sesuai dengan Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang EBES, EBES akan mengembalikan uang yang telah benar-benar anda bayarkan untuk barang dan mengkreditkan kembali setiap Koin EBES yang telah ditukarkan ke Akun anda secara terpisah.

 

21.6   EBES tidak memantau proses pembatalan, pengembalian barang dan uang untuk pembayaran offline.

 

  1. TANGGUNG JAWAB PENJUAL

 

22.1  Penjual harus mengelola dengan baik dan memastikan bahwa informasi relevan seperti harga dan rincian barang, jumlah persediaan serta syarat dan ketentuan penjualannya diperbarui pada daftar Penjual dan tidak boleh memposting informasi yang tidak akurat atau menyesatkan.

 

22.2  Harga barang yang dijual akan ditentukan oleh Penjual atas kebijakannya sendiri. Harga barang dan biaya kirim harus termasuk seluruh jumlah yang akan dikenakan kepada Pembeli seperti pajak penjualan, pajak pertambahan nilai, ongkos, dsb. dan Penjual tidak boleh mengenakan jumlah semacam itu sebagai tambahan dan secara terpisah kepada Pembeli.

 

22.3  Tanpa mengenyampingkan ketentuan di dalam Bagian 20.2, sesuai dengan ketentuan impor barang kiriman yang berlaku di Republik Indonesia, Penjual memahami, menyetujui, dan mengijinkan EBES untuk menampilkan harga barang yang telah termasuk jumlah pajak yang dibebankan untuk barang tersebut sesuai dengan ketentuan hukum perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia. Untuk menghindari keragu-raguan, ketentuan di dalam Bagian 20.3 ini hanya berlaku khusus untuk Penjual yang melakukan transaksi di kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone) yang ditentukan oleh pemerintah Republik Indonesia atau Transaksi Lintas Batas (Cross-Border Transaction).

 

22.4  Penjual setuju bahwa atas kebijakannya EBES dapat terlibat dalam kegiatan promosi untuk mendorong transaksi antara Pembeli dan Penjual dengan mengurangi, memotong atau mengembalikan biaya, atau dengan cara lain. Penyesuaian tersebut akan berlaku atas harga akhir yang akan dibayar oleh Pembeli.

 

22.5  Untuk tujuan mempromosikan penjualan dan item yang dicantumkan oleh Penjual, EBES dapat memposting barang tersebut (dengan harga yang disesuaikan) pada situs web pihak ketiga (seperti situs portal dan situs perbandingan harga) dan situs web lainnya (dalam atau luar negeri) yang dioperasikan oleh EBES.

 

22.6  Penjual harus mengeluarkan tanda terima, slip kartu kredit atau faktur pajak kepada Pembeli atas permintaan.

 

22.7   Penjual mengakui dan setuju bahwa Penjual akan bertanggung jawab untuk membayar seluruh pajak, bea dan cukai untuk barang yang dijual dan EBES tidak dapat memberikan nasihat hukum atau pajak terkait hal ini. Karena undang-undang dan peraturan pajak yang dapat berubah dari waktu ke waktu, Penjual disarankan untuk mencari nasihat profesional jika mengalami keraguan.

 

22.8  Penjual mengakui dan setuju bahwa pelanggaran Penjual terhadap salah satu kebijakan EBES akan mengakibatkan berbagai tindakan seperti yang tercantum dalam Bagian 7.1.

 

  1. IKLAN EBES

 

 

23.1   EBES akan meluncurkan layanan iklan berbasis kata pencarian dan/atau layanan periklanan lainnya (selanjutnya akan disebut sebagai “Layanan Iklan EBES”) dalam Situs dengan basis berkelanjutan. Penjual dapat membeli Layanan Iklan EBES. EBES menyediakan Layanan Iklan EBES sesuai dengan Syarat Layanan dan setiap materi penjelasan yang dipublikasikan di Situs, Situs Layanan Iklan EBES atau sebaliknya dikomunikasikan kepada Penjual (selanjutnya disebut sebagai “Peraturan Iklan EBES”). Penjual yang membeli dan menggunakan Layanan Iklan EBES setuju untuk terikat dengan Peraturan Iklan EBES. Apabila Anda tidak setuju untuk terikat dengan Peraturan Iklan EBES, jangan membeli dan menggunakan Layanan Iklan EBES apapun.

 

23.2   Untuk dapat membeli dan menggunakan Layanan Iklan EBES, Anda harus menjadi Penjual yang memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Iklan EBES. Pada waktu Anda membeli dan membayar untuk penggunaan Layanan Iklan EBES, Akun Anda tidak boleh ditangguhkan.

 

23.3  Apabila Anda membeli dan menggunakan Layanan Iklan EBES, Anda dapat membeli kredit iklan (“Kredit Iklan EBES”) dan anda setuju untuk membayar setiap biaya-biaya Iklan EBES yang ditetapkan oleh EBES. Kecuali ditentukan lain dalam Peraturan Iklan EBES, Anda tidak dapat membatalkan pesanan dan/atau permintaan untuk pengembalian setelah Anda menggunakan pembelian untuk Layanan Iklan EBES dan menyelesaikan proses pembayaran.

 

23.4.  Dengan mengacu kepada ketentuan di bagian 23.3, ketentuan kedaluwarsa Kredit Iklan EBES juga akan berlaku sebagai berikut:

 

  1. Apabila Anda membeli Kredit Iklan EBES dan melakukan pembayaran sebagian nilai Kredit Iklan EBES dengan menggunakan voucher, maka nilai Kredit Iklan EBES gratis yang Anda dapatkan dari voucher tersebut akan  memiliki masa kedaluwarsa. 
  2. Apabila Anda membeli Kredit Iklan secara paket, maka semua nilai Kredit Iklan EBES yang ada pada paket tersebut akan memiliki masa kedaluwarsa. 

 

23.5.  Anda memiliki pilihan untuk membeli dan menggunakan Layanann Iklan EBES pada waktu Anda mendaftarkan barang untuk dijual atau selanjutnya. Ketika Anda membeli Iklan EBES, Anda dapat menentukan anggaran, kata pencarian, jangka waktu pemasaran, dll yang berbeda untuk setiap barang sesuai dengan Peraturan Iklan EBES. Sehubungan dengan anggaran dan jangka waktu pemasaran yang Anda tentukan untuk Layanan Iklan EBES yang Anda pilih, Anda dapat meminta EBES untuk mengoptimalisasi Iklan EBES dengan cara menyesuaikan, salah satunya anggaran dan jangka pemasaran yang telah anda tentukan, untuk memberikan keuntungan maksimal bagi Anda.  Anda dapat melakukan registrasi di Seller Centre untuk mengaktifkan optimalisasi Iklan EBES Anda, dan apabila anda sewaktu-waktu bermaksud untuk berhenti untuk melakukan optimalisasi Iklan EBES Anda, Anda juga dapat menonaktifkan optimalisasi Iklan EBES di Seller Centre. Untuk menghindari keragu-raguan, optimalisasi Iklan EBES yang dilakukan EBES tidak akan melebihi anggaran yang telah anda tetapkan.

 

23.6. Anda juga dapat memilih untuk mengisi Kredit Iklan EBES secara otomatis lewat Dompet Penjual (“Fitur Top Up Kredit Iklan EBES”) apabila Kredit Iklan EBES anda berada di bawah minimum jumlah saldo yang anda tentukan (“Jumlah Minimum Kredit Iklan EBES”). Ketika mengaktifkan Fitur Top Up Kredit Iklan EBES, anda dapat memilih Jumlah Minimum Kredit Iklan EBES dan jumlah isi ulang, dan anda setuju untuk melakukan debet Dompet Penjual anda sesuai dengan ketentuan di Bagian 12 dari Syarat Layanan. 

 

Dengan tidak mengenyampingkan ketentuan di atas, Penjual memahami bahwa atas persetujuan Penjual, EBES akan langsung memotong Uang Pembelian Pembeli untuk dikonversikan menjadi Kredit Iklan EBES.

 

23.7. Layanan Iklan EBES akan diaktivasi dan akan berakhir pada masing-masing tanggal yang disepakati oleh Anda dan EBES (“Jangka Waktu Awal Layanan Iklan EBES”). Anda setuju bahwa Jangka Waktu Awal Layanan Iklan EBES akan secara otomatis diperpanjang sampai diakhiri atas persetujuan bersama-sama antara Anda dan EBES. Namun demikian apabila dalam jangka waktu 7 hari kalender setelah Jangka Waktu Awal Layanan Iklan EBES berakhir Anda tidak juga mengisi Kredit Iklan EBES, maka secara otomatis Layanan Iklan EBES akan berakhir. 

 

23.8. Anda tidak berhak untuk memindahkan sisa dari Jangka Waktu Awal Iklan EBES atau Kredit Iklan EBES untuk barang lainnya apabila suatu barang telah terjual atau tidak tercatat pada saat Jangka Waktu Awal Iklan EBES ditentukan untuk barang tersebut. Kredit Iklan EBES yang telah dibayarkan juga tidak dapat dikembalikan.

 

23.9. Barang-barang yang Anda daftarkan dalam Situs harus tunduk kepada hukum dan peraturan yang berlaku, Peraturan Iklan EBES, Syarat Layanan dan Kebijakan Barang yang Dilarang dan Dibatasi. Anda memahami dan menyetujui bahwa EBES memiliki hak untuk segera menghapus setiap daftar yang melanggar salah satu dari yang ketentuan telah disebutkan sebelumnya dan Kredit Iklan EBES yang telah Anda bayarkan sehubungan dengan setiap daftar yang dihapus sesuai dengan Bagian 19.5 tidak akan dikembalikan. EBES juga tidak akan bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi untuk setiap kerugian apapun terkait daftar-daftar yang dihapus sesuai dengan Bagian 19.5 ini.

 

23.10. Anda memahami dan menyetujui bahwa EBES tidak menjamin atau menggaransi setiap peningkatan dalam penglihat atau penjualan dari barang-barang Anda sebagai akibat dari penggunaan Layanan Iklan EBES.

 

23.11. Anda disarankan untuk hanya membeli dan menggunakan Layanan Iklan EBES setelah sepenuhnya mempertimbangkan anggaran Anda dan maksud tujuan iklan tersebut. Kecuali diatur di dalam Syarat Layanan atau Peraturan Iklan EBES, EBES tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kompensasi atau tunduk kepada setiap kewajiban (termasuk namun tidak terbatas kepada beban-beban nyata dan kehilangan keuntungan) untuk hasil atau tujuan yang ingin dicapai dari setiap penggunaan Layanan Iklan EBES.

 

23.12. APABILA, DENGAN TIDAK MENGESAMPINGKAN HAL-HAL DALAM SYARAT LAYANAN INI, EBES DINYATAKAN OLEH PENGADILAN DARI YURISIKSI YANG BERKOMPETENSI UNTUK BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN YANG DISENGAJA) SEHUBUNGAN DENGAN SETIAP PENGGUNAAN LAYANAN IKLAN EBES, MAKA, SEPANJANG DIPERBOLEHKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, KEWAJIBAN EBES KEPADA ANDA ATAU KEPADA SETIAP PIHAK KETIGA TERBATAS HANYA YANG TERKAIT PADA JUMLAH YANG DIBAYARKAN KEPADA ANDA.

 

  1. TOKO EBES MARKETING SOLUTIONS

 

24.1  EBES mendedikasikan satu toko khusus yang dikelola dan dimiliki oleh EBES untuk Penjual atau pihak lain yang diundang oleh EBES untuk dapat membeli layanan Iklan EBES, Iklan, atau produk pemasaran lainnya yang dapat ditentukan oleh EBES dari waktu ke waktu (“EBES.Marketingsolutions”). Iklan sebagaimana dimaksud di dalamPasal ini adalah Iklan yang didefinisikan di dalam Kebijakan Pengiklanan EBES

   

24.2   Penjual setuju bahwa seluruh transaksi yang dilakukan melalui EBES.Marketingsolutions akan dianggap sebagai suatu perjanjian jual beli yang sah antara EBES dan Penjual atau pihak ketiga lainnya yang bertindak sebagai pembeli. Seluruh transaksi yang dilakukan melalui EBES.Marketingsolutions akan tunduk pada Kebijakan EBES.